SEMINAR NASIONAL

Soedirman Science Competition
                                      “Seminar Nasional”
KEYNOTE SPEAKER III

Ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting dalam perkembangan  zaman. Peran pemuda merupakan salah satu hal penting pada setiap perkembangan IPTEK dalam memanfaatkan potensi lokal. Setiap generasi dapat menciptakan inovasi dalam bidang teknologi yang berasal dari sumberdaya lokal, sehingga dewasa ini banyak bidang teknologi yang berkembang dan salah satunya adalah nanoteknologi. Inovasi nanoteknologi telah menumbuhkan bidang usaha baru instrumentasi yang mampu menembus pasar dunia selaras dengan adanya isu SDGs 2030.
Lalu bagaimanakah perkembangan nanoteknologi di Negara kita ini ???

Untuk itu seminar nasional Soedirman Science Competition 6th menghadirkan Keynote speaker III Dr. Nurul Taufiqu Rochman M.Eng, beliau merupakan peneliti senior di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dikenal sebagai pakar nanoteknologi terkemuka di negeri ini. Sudah banyak ciptaannya dalam bidang nanoteknologi yang telah dipatenkan, total beliau mempunyai 12 paten untuk beragam ciptaannya. Nanoteknologi dapat diaplikasikan menjadi nanokopi, nanoherbal, nanosabun, sampai nanosampo.  Untuk menghasilkan semua material dan komponen berskala nano itu, kuncinya adalah pada mesin penggiling material karya Dr. Nurul Taufiqu Rochman M.Eng yang diciptakan pada tahun 2005 dan kemudian mendorong berdirinya PT Nanotech Indonesia untuk memproduksi karya inovasi ini, yaitu mesin yang disebut high energy milling (HEM).

”Dengan mesin ini, Indonesia berpeluang menjadi pemasok material nano di pasar global karena memiliki bahan baku tambang yang melimpah,” ujar Nurul yang juga Ketua Umum Masyarakat Nano Indonesia.

Seperti yang sudah disampaikan diatas, pada seminar ini Dr. Nurul Taufiqu Rochman M.Eng akan membahas tentang bagaimana peran generasi Y dalam perkembangan teknologi berbasis sumber daya lokal demi mewujudkan SDGs. Diharapkan generasi Y dapat berkontribusi dalam bidang teknologi sebagai penopang perkembangan zaman, sehingga dapat terangkatnya potensi lokal yang terdapat diseluruh daerah di negeri ini. Dengan adanya pembahasan tersebut tidak lain adalaha sebagai motivasi bagi peserta agar sumber daya lokal dapat terkelola dengan baik di tangan generasi Y, sehingga tercapainya pembangunan yang berkelanjutan.

Itulah sekilas tentang pakar nanoteknologi Indonesia.
Bagimana ??? luarbiasa bukan !!!

Apakah sudah menyiapkan tiket Anda untuk menghadiri seminar nasional SSC #6th?
Remember kuota terbatas !!!


Informasi lebih lanjut :
Contact Person :
- Tessa (085741179316)
- Ni'mah (085920772848)

Official Account:
Blog : sscukmprunsoed.blogspot.co.id
Email : sscukmprunsoed@gmail.com
Fanpage Facebook : ssc ukmpr unsoed
Line@ : @sst5210f
Instagram : sscukmpr2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

🎉[COMING SOON SEMINAR NASIONAL SSC 2018]🎉

📣📣[PENGUMUMAN FINALIS SOEDIRMAN CREATIVITY COMPETITION) 📣📣

📣📣[PENGUMUMAN FINALIS LKTI SOEDIRMAN SCIENCE COMPETITION) 📣📣